Rabu, 05 Maret 2008

'Sesepuh' Web Browser Temui Ajal


Jakarta - Sesepuh web browser, Netscape Navigator, akhirnya menemui ajal. Browser milik American Online (AOL) ini dikabarkan tidak bakal beroperasi lagi setelah tanggal 1 Maret 2008.

Kabar tumbangnya Netscape Navigator ini bukan sekadar isapan jempol. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rekomendasi yang dikeluarkan pihak perusahaan kepada para penggunanya untuk meng-upgrade browser mereka menjadi Firefox atau Flock, yang berpayung teknologi sama dengan Netscape Navigator.

Jika menengok kembali ke belakang, di era 1990-an, Netscape pernah berjaya dengan mendulang pengguna sebanyak 90 persen setelah dibangun oleh Marc Andreessen pada 1994. Pada masa ini, Netscape memainkan peranan penting dalam dunia internet.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, Selasa (4/3/2008), masa kejayaan yang dikecap Netscape Navigator harus berakhir dengan datangnya terjangan dari browser lain, seperti Firefox dan Internet Explorer (IE) yang kini masih mendominasi dengan pangsa pasar sekitar 80 persen.

Firefox yang merupakan pesaing utama IE, semakin lama aksinya pun kian memukau dengan terus menggerus pangsa pasar IE. Sementara Flock menamakan dirinya sebagai 'the social web browser', yang coba memanfaatkan perkembangan web 2.0.

Pengguna setia Netscape mengaku kecewa dengan kematian browser kesayangannya tersebut. Mereka mengaku enggan beralih ke Flock ataupun Firefox. Bahkan, ada pengguna setia Netscape yang yakin bahwa browser ini akan bangkit lagi kelak.

(sumber : Fransiska Ari Wahyu - detikinet)

Tidak ada komentar: