Senin, 07 April 2008

Adobe dan RealNetworks Support MID

SAN FRANCISCO - Adobe Systems dan RealNetworks resmi bekerja sama dengan Mobile Internet Devices (MIDs), yang mana kedua vendor tersebut menyediakan layanan AIR dan RealPlayer untuk sistem operasi open source Linux.

MIDs, seperti dilansir InfoWorld, Minggu (6/4/2008), dikembangkan oleh prosesor berbasis Intel Atom yang akan memberikan komputer kecil ini dilengkapi dengan layar teknologi layar sentuh dan Wi-Fi ataupun WiMax.

Untuk versi modifikasi, Intel bekerja sama dengan pengembang distro Linux seperti Canonical dan Asianux. Awal pekan ini, Adobe bergabung dengan The Linux Foundation dan meluncurkan AIR menggunakan Linux.

Sebelumnya, AIR tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Sedangkan RealNetworks sama halnya dengan ketika dia mengembangkan RealPlayer untuk Linux, RealPlayer juga berbasiskan aplikasi open-source Helix media player untuk MID.

Menurut Intel, kerja sama antara Adobe dan RealNetworks dirasa sangat perlu untuk mengembangkan MIDs yang beroperasi diatas sistem operasi Linux sekaligus memberikan keuntungan bagi komunitas open source. Diperkirakan, Intel akan meluncurkan MIDs secara resmi pada acara The Intel Developer Forum (IDF) yang digelar di Shanghai, China. (mbs)

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: