Senin, 10 Maret 2008

Google Dilarang Dekati Pentagon

WASHINGTON - Alasan keamanan membuat Pentagon melarang Google untuk merekam gambal detail lingkungan sekitar gedung pertahanan milik Amerika tersebut.

Pentagon memberikan ultimatum kepada seluruh departemen yang ada di wilayah tersebut untuk tidak memberikan akses kepada tim Google yang ingin mengambil gambar di lingkungan tersebut. Bahkan untuk keperluan Google map sekalipun.

Pasalnya, Pentagon khawatir jika nantinya gambar-gambar yang akan tertampil di layanan pemetaan Google itu digunakan untuk kepentingan yang mengancam keamanan Pentagon. Kekhawatiran tersebut cukup beralasan karena Pentagon belajar dari pengalaman yang pernah terjadi di London baru-baru ini.

Waktu itu, gedung parlemen di London berhasil disusupi oleh beberapa orang demonstran untuk mengemukakan aspirasi mereka kepada pemerintah Inggris. Usut punya usut, ternyata mereka mendapatkan akses masuk ke dalam gedung parlemen tersebut, setelah mendapatkan gambaran mengenai seluk beluk gedung melalui Google Maps.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi Pentagon sehingga mereka terpaksa tidak memperbolehkan pihak Google mengambil data mengenai Pentagon.

"Sekali mereka mengambil gambar Pentagon maka semua hal yang ada di Pentagon akan menjadi konsumsi publik. Tidak menutup kemungkinan jika hal ini dapat dijadikan ancaman serius bagi Pentagon. Karena dengan demikian mereka akan mengetahui titik-titik penjagaan di Pentagon dan mereka dapat menemukan cara untuk masuk dan keluar dari gedung ini," ujar pihak Pentagon Jenderal Gene Renuart, seperti dikutip Associated Press, Jumat (7/3/2008). (srn)

Sumber : Okezone.com

Tidak ada komentar: