Jumat, 14 Maret 2008

IBM - Hitachi Kembangkan Chip Berukuran Atom

JAKARTA - International Business Machines Corporation (IBM) dan Hitachi telah sepakat menjalankan penelitian metrologi semikonduktor bersama yang unik.

Kesepakatan selama dua tahun ini menandai kali pertamanya Hitachi dan IBM berkolaborasi di bidang teknologi semikonduktor ? kedua perusahaan tersebut saat ini sedang bekerja-sama di bidang server kelas enterprise dan produk-produk lainnya.

Miniaturisasi transistor, faktor penting untuk meningkatkan performa chip-chip komputer, saat ini sedang giat-giatnya dilakukan untuk mengembangkan perangkat 32 dan 22 nanometer generasi berikutnya. Ukuran perangkat seperti ini akan mencapai ukuran sepersemiliar meter, dan ini akan berdampak besar pada karakter elektris masing-masing transistor.

Kolaborasi baru ini akan berfokus pada penelitian semikonduktor berukuran 32-nm dan lebih kecil dengan menggunakan metode-metode baru, termasuk teknologi mutakhir untuk menganalisa dan mengukur variasi transistor ? selain untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang fisika perangkat. Para insinyur dari kedua perusahaan dan anak perusahaan Hitachi, Hitachi High-Technologies, akan melakukan penelitian bersama di Pusat Penelitian Thomas J. Watson milik IBM Research Center di Yorktown Heights, N.Y., dan di Kompleks Albany NanoTech milik the College of Nanoscale Science and Engineering.

"Kemampuan karakteristik semikonduktor Hitachi yang canggih dan kemampuan penelitian CMOS IBM yang mutakhir dapat membantu kedua perusahaan untuk mempercepat tempo inovasi semikondultor generasi 32-nm dan yang lebih kecil,? tutur Fetra Syahbana, Country Manager IBM Systems & Technology Group, melalui keterangan pers, Jumat (14/3/2008).

Keahlian Hitachi yang mendalam di bidang instrumentasi analitikal dan fisika semikkonduktor dapat mempromosikan penelitian yang terkemuka di industri untuk teknologi semikonduktor generasi mendatang,? jelas Eiji Takeda, Wakil Presiden dan Executive Officer, General Manager Research & Development Group, Hitachi, Ltd.

"Kedua perusahaan ini memiliki sejarah keberhasilan kolaborasi bisnis yang panjang dan kami berharap dapat segera menambahkan penelitian metrologi semikonduktor ke dalam daftar keberhasilan ini," tambahnya.

Melalui penelitian kolaboratif ini, IBM dan Hitachi, ingin meneliti kemungkinan untuk lebih menskalakan transistor. (srn)

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: