Rabu, 12 Maret 2008

Robot US$ 200 Juta Siap Gantikan Astronot


Florida - Amerika Serikat (AS) akan segera meluncurkan pesawat luar angkasa Endeavour. Membawa tujuh astronot, pesawat ulang alik ini juga mengangkut sebuah robot super canggih yang akan difungsikan untuk memperbaiki komponen pesawat angkasa.

Robot bernama Dextre tersebut memiliki dua lengan. Masing-masing lengan punya beberapa persendian khusus untuk melakukan berbagai tugas. Lengan ini juga dilengkapi semacam penjepit untuk mengambil benda, serta beragam perangkat mutakhir lainnya.

Seperti dikutip detikINET dari USAToday, Selasa (11/3/2008), Dextre mampu mengambil benda kecil seukuran ponsel atau buku, dan juga benda-benda yang lebih besar. Robot ini nantinya akan menggantikan tugas perbaikan risiko tinggi pesawat angkasa, yang biasanya dilakukan astronot.

Dinyatakan, Dextre jadi robot pembantu astronot paling canggih yang pernah dibawa dalam sebuah misi ruang angkasa. Kru Endeavour nantinya akan menyusun Dextre di luar angkasa dan menempatkannya di International Space Station (ISS).

Robot seharga US$ 200 juta ini akan mulai efektif bekerja di tahun 2009. Diperkirakan bisa digunakan secara efektif dalam kurun waktu 15 tahun, Dextre akan menggantikan sebagian tugas astronot dalam misi perbaikan pesawat angkasa yang berbahaya.

Sebagai gambaran, Dextre dinyatakan mampu menggantikan sampai 140 komponen pesawat angkasa. Robot ini dibesut oleh Canadian Space Agency, lembaga luar angkasa Kanada. ( fyk / fyk )

Sumber : Detik.com

Tidak ada komentar: