Selasa, 11 Maret 2008

Sun Pegang Kendali Penuh MySQL

SANTA CLARA, SENIN - Kendali penuh MySQL, aplikasi database berbasis open source kini di tangan Sun Microsystems. Proses akuisisi MySQL AB, pengembang software tersebut, senilai sekitar 1 miliar dollar AS telah diselesaikan.

MySQL selama ini dikenal sebagai aplikasi database yang diminati para pengguna. lebih dari 100 juta software telah diunduh dari Internet. Sejak beredar kabar akusisi oleh Sun, jumlha download mencapai 50.000-60.000 kali setiap hari.

Begtu menyelesaikan akusisi, Sun langsung mengumumkan ketersediaan seluruh portofolio MySQL baik produk maupun layanan dengan dukungan 17.000 penjualan global dan channel distribusi yang telah dimilikinya. Para pengguna juga sudah bisa mendapatkan software tersebut secara cuma-cuma dari situs Sun di www.sun.com/mysql/download.

"Untuk pertama kalinya, bisnis di seluruh dunia dapat melakukan standarisasi terhadap platform open source yang didukung secara komersial untuk memenuhi kebutuhan akan layanan global yang berkualitas tinggi," ujar Jonathan Schwartz, CEO dan Presiden, Sun Microsystems, Inc.

Layanan pemesanan database kelas enterprise untuk produk MySQL juga sudah tersedia. Dengan dukungan multi-platform yang luas--Solaris, Linux, dan Windows--pelanggan enterprise memiliki resiko yang lebih kecil namun mempunyai fleksibilitas dan pilihan yang lebih baik dalam mencapai skala yang tidak terbatas sekaligus memungkinkan penggunaan MySQL pada berbagai aplikasi penting. Sebelum memutuskan untuk menggunakan, para pelanggan bisa mencoba MySQL Enterprise tanpa dikenakan biaya.

Sun juga menghadirkan MySQL Enterprise Unlimited, yang membantu pelanggan untuk mengimplementasikan dan mengatur MySQL Enterprise Server dalam jumlah yang tidak terbatas dengan biaya tahunan yang sama. Para pengguna yang sebelumnya sudah menggunakan MySQL ditawarkan layanan lebih luas.

Meski sudah di bawah Sun, MySQL akan terus menjalin kerjasama strategis dengan vendor platform yang terkenal seperti Dell, HP, IBM, Microsoft, Red Hat, dan Zend. Akuisis MySQL tidak hanya memulai debut Sun di pasar database senilai 15 miliar dollar AS setahun, namun juga menambah portofolio layanan dan produk dari MySQL di Web 2.0, seperti Software as a Service (SaaS), TI enterprise, telekomunikasi, dan pasar OEM.(WAH)

Tidak ada komentar: