Selasa, 11 Maret 2008

Calon Kosmonot Pertama Korsel Diganti


SEOUL - Korea Selatan mengajukan calon kosmonot perempuan baru sebagai wakil Korsel pertama yang dikirim ke luar angkasa dengan pesawat ulang alik milik Rusia. Pengajuan calon kosmonot baru ini bertujuan untuk menggantikan calon kosmonot sebelumnya yang ditolak pihak Moskow karena pelanggaran pada masa pelatihan.

Menteri Pendidikan, Sains, dan Teknologi Korea Selatan di tengah konferensi pers mengatakan bahwa So-yeon akan menggantikan Ko San sebagai wakil Korsel untuk terbang bersama kapsul Soyuz, pesawat ulang alik Rusia, ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional pada awal April mendatang.

"Ko San yang dikandidatkan sejak September lalu terpaksa digantikan karena terbukti melakukan pelanggaran pada saat pelatihan di Russian space training center bulan lalu. Kemudian, Rusia meminta nama baru agar kami tidak kehilangan wakil," jelas juru bicara kementerian Lee Sang-Mok, seperti dikutip Associated Press (AP), Senin (10/3/2008).

"Menurut pihak berwenang Rusia, pelanggaran yang dilakukan Ko adalah membaca materi di luar pusat pelatihan tanpa izin pada September 2007, dan meminjam buku tanpa otorisasi pada Februari lalu. Pihak agen ruang angkasa Rusia kembali menekankan bahwa kesalahan kecil akan menyebabkan konsekuensi yang serius," imbuh Lee.

Sejak 1992, Korea Selatan telah meluncurkan 11 satelit, yang umumnya untuk penelitian, baik di luar angkasa maupun bumi, juga untuk komunikasi, berdasarkan data kementerian Korea Selatan. (mbs)

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: