Jumat, 11 April 2008

Kembangkan JavaScript dengan NetBeans 6.1

SINGAPURA - Sun Microsystems dan komunitas NetBeans mengumumkan tersedianya NetBeans 6.1 Integrated Development Environment (IDE) Beta. Netbeans 6.1 memiliki serangkaian fitur- fitur yang lebih lengkap untuk pengembangan teknologi JavaScript, komponen kunci untuk membuat aplikasi web yang menggunakan teknologi Ajax dan integrasi yang lebih baik dengan database MySQL. NetBeans 6.1 IDE Beta sekarang telah tersedia untuk diunduh.

Dukungan teknologi Javascript ini ditambahkan berdasarkan dukungan bahasa dinamis untuk program bahasa Ruby yang termasuk fitur semantic highlighting, code completion, type analysis, quick fixes, semantic checks, dan refactoring. Selain itu, ditambahkan fitur browser compatibility yang mempermudah pembuatan kode perangkat lunak JavaScript yang dapat berjalan di browser Mozilla Firefox, Windows Internet Explorer, Opera, dan Safari.

Komitmen Sun untuk pengembangan bahasa yang dinamis telah berkembang dengan bergabungnya pengembang Python dan Jython baru-baru ini, Ted Leung dan Frank Wierzbicki. Leung dan Wierzbicki bergabung dengan ahli teknologi lainnya, seperti Ian Murdock, Charles Nutter, Thomas Enebo, dan Nick Kew yang baru saja bergabung dengan Sun untuk meraih proyek pengembangan open source dan kegiatan komunitas.

"Sejak dirilisnya NetBeans 4.0 IDE, momentum dan penggunaannya sangat fenomenal dengan adanya lebih dari 9,3 juta pengunduh selama 2 tahun lalu. Dengan NetBeans 6.1 IDE, kami harap penggunaannya terus berkembang pesat terutama dengan adanya dukungan JavaScript yang baru dan integrasi yang yang lebih baik dengan database MySQL. Dirilisnya NetBeans IDE menunjukkan inovasi dan keberhasilan atas inisiatif open source dari Sun," ujar Jim Parkinson, Wakil Presiden dari Tools dan Services Sun melalui siaran pers, Senin (31/3/2008)

Fitur-fitur penting lain dari NetBeans 6.1 Beta adalah peningkatan kinerja termasuk waktu startup yang lebih cepat dan code completion, mendukung spring framework dengan fitur seperti configuration file support, code completion, dan hyperlink untuk mempercepat navigasi. Selain itu NetBean juga memberikan dukungan baru untuk MySQL pada Database Explorer untuk mempermudah penciptaan, peluncuran, dan melihat database MySQL. Perbaikan yang signifikan untuk dukungan Ruby/JRuby, termasuk platform manager baru Ruby, mendukung versi terbaru dari Rails dan petunjuk yang baru serta perbaikan yang cepat untuk editor, dan dukungan dalam tahap Beta untuk ClearCase version control system- yang tersedia sebagai plugin dari Update Center.

Bergabunglah dengan tim perangkat lunak pada tanggal 5 Mei 2008 untuk acara tahunan ke-5 dari NetBeans Day, sekarang konferensi CommunityOne 2008 berlangsung sehari sebelum Konferensi JavaOne 2008. Komunitas NetBeans memberikan kesempatan bagi para pengembang untuk belajar dari para pakar, mencari tahu apa yang terbaru, dan apa yang akan datang dari NetBeans IDE, serta membangun jaringan dengan anggota lain dari komunitas tersebut. (//srn)

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: