Selasa, 15 April 2008

Salesforce Jual Aplikasi Google dengan Cloud Computing

SAN FRANCISCO - Salesforce.com Inc, sebuah layanan software online, kini menjadi "lemari etalase" untuk aplikasi-aplikasi Google, meliputi Gmail dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Selain menjual program-program Google ke customer bisnisnya yang berjumlah sekira 41.000 customer, Salesforce.com akan mengintegrasi deretan aplikasi tersebut ke dalam layanannya untuk mempermudah dalam membuat track perusahaan dan mengidentifikasi kebutuhan konsumer.

Salesforce.com menggunakan metode yang dikenal dengan istilah cloud computing, mewakili ancaman terhadap pembuat software seperti Microsoft Corp, Oracle Corp, dan SAP AG yang akhir-akhir ini meraup keuntungan terbesar dari "merampok" lisensi individu dan mengenakan biaya perawatan.

Chief Executive Salesforce.com Marc Benioff menjadi salah satu pelopor cloud computing semenjak dia meninggalkan Oracle sebelum bergabung dengan perusahaan ini sembilan tahun lalu. Dia yakin dengan mengintegrasikan aplikasi ini ke Google akan menggemakan platform Salesforce.com.

"Ini memudahkan kami dalam meyakinkan para pebisnis untuk berhenti membeli Microsoft Office dan berpindah ke layanan yang jauh lebih baik dengan cloud computing," ujar Benioff, yang dikutip Associated Press, Senin (14/4/2008).

Aplikasi ini akan membantu layanan Salesforce.com menjadi lebih atraktif. "Tapi pemenang sebenarnya di sini adalah Google," ujar analis Nucleus Research Rebecca Wettemann kepada AP. "Ini memberikan mereka channel (bisnis) penjualan tanpa harus ada biaya tambahan," imbuhnya.

Tidak ada komentar: