Rabu, 02 April 2008

Tarif Baru Telkomsel, Engga Nendang!

JAKARTA - Telkomsel telah mengumumkan tarif baru-nya yang berlaku sejak hari ini, Selasa (1/4/2008). Tarif baru yang tercetak satu halaman di media cetak nasional ini ternyata tidak mengalami penurunan yang terlalu signifikan.

Okezone mencoba merunut berapa penurunan tarif yang berlaku di Telkomsel dan seberapa besar pengaruh penurunan interkoneksi pada tarif baru tersebut. Namun karena yang dicari adalah pengaruh penurunan tarif interkoneksi maka Okezone hanya membandingkan tarif di wilayah Off net (percakapan dengan operator lain) saja. Tarif On Net (percakapan sesama operator) dianggap tidak terlalu siginifikan karena pembicaraan sesama operator tidak membutuhkan biaya interkoneksi.

Dalam daftar tersebut, tarif off net lokal Kartu Halo yang dahulu dibebankan Rp258 untuk 20 detik, berubah menjadi hanya Rp250 saja. Artinya, selama 1 menit percakapan dengan operator lain maka Kartu Halo membebankan pelanggannya sekira Rp750.

Sedangkan untuk tarif off net lokal simPATI, Telkomsel memberlakukan biaya sekira Rp800 untuk percakapan selama 30 detik. Artinya untuk 1 menit percakapan pelanggan simPATI dikenakan biaya sekira 1600. Angka ini tidak mengalami penurunan sepeser pun karena sama dengan tarif yang berlaku sebelumnya.

Untuk layanan SMS, Telkomsel menyamaratakan tarif dasar yang berlaku pada seluruh produknya yaitu sekira Rp150 untuk sekali SMS ke operator lain. Seperti diketahui, berdasarkan data BRTI biaya produksi per sms hanya mencapai Rp74 untuk satu kali pengiriman. Artinya, untuk biaya SMS, operator masih mengambil keuntungan 100 persen.

Selain pemberlakukan tarif dasar, Telkomsel pun memberlakukan tarif promosi yang berlaku hingga 30 Juni 2008 untuk pelanggan kartu simPATI dan Kartu As. Namun jika dirunut lebih lanjut maka penurunannya seluruh biaya percakapan pada kedua produk tersebut tidak terlalu signifikan. Bahkan tarif On Net pada kedua produk pun tidak mengalami penurunan. (srn)

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar: